Thursday, June 4, 2009

Global Warming

Pernahkah Kalian merasa bahwa bumi makin lama makin panas? Permukaan air laut menjadi makin tinggi dari sebelumnya? Bila kamu merasakannya berarti kalian harus bersiap-siap menghadapi global warming.

Apa sih yang dimaksud dengan global warming? Kenapa banyak orang yang meributkan tentang global warming? Berbahayakah global warming bagi kehidupan manusia?

Global warming merupakan istilah untuk berubahnya temperatur iklim bumi akubat kenaikan suhu bumi yang makin lama makin panas. Istilah ini juga pernah dipakai untuk menandakan zaman es berjuta-juta tahun yang lalu, yang disebut dengan global cooling. Global warming terjadi karena adanya efek dari rumah kaca di seluruh negara-negaera di dunia.

Efek rumah kaca ini diakibatkan p;eh banyaknya polusi yang berupa asap dan gas karbon dioksida yang melubangi lapisan ozon sebagai pelindung bumi dari sinar radiasi ultraviolet matahari secara langsung. Polusiseperti itu berasal dari pada pabrik-pabrik industri diberbagai belahan dunia. Emisi bahan bakar kendaraan bermot0 juga termasuk penyumbang efek rumah kaca.

Apa akibatnya kalau global warming ini dibiarkan? Tentunya dengan meningkatnya intensitas sinar matahari, berarti sinar ultraviolet yang masuk ke bumi menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. Hal ini bisa menyebabkan penyakit pada manusia seperti kanker kulit. Selain sinar ultraviolet, panas matahari yang meningkat membuat iklim menjadi berubah drastis dann tidak beraturran. Hal ini bisa menciptakan bencana alam seperti badai yang telah terjadi belakangan ini di negara negaara.

Es-es di kutub pun mulai mencair akibat panas matahari yang tidak terbendung lagi. Kalau hal ini sudah terjadi, air dari es yang mencair tersebut akan menaikkan permukaan air laut dibumi. Dampaknya, dapat kamu lihat banyak negara-negara mengalami banjir yang tambah parad dari tahun-ketahun/

Yang lebih mengerikan lagi, iklim yang sangat panas di era global warming ini dapat mengakibatkan rusaknya ekologi lingkungan dan bisa membuat bahan pangan menjadi tidak dapat di produksi.
Sehingga bukanlah hal yang tidakmungkin bila akan terjadi bencana kelaparan di sejumlah negara.

Bisakah global warming dihindari?
Seperti bencana lain, pada dasarmnya global warming merupakan hal yang tidak bisa dihindari.
Namun hal ini dapat dicegah dengan memperlambat proses global warming ini selama mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan mangganti jenis bahan bakar yang tidak mengandung polusi pada industri dan
kendaraan bermotor. Dan yang paling penting adalah melakukan penghijauan. Seperti tidak menebang pohon-pohonan dihutan dan menanam tumbuh-tumbuhan yang berada pada daerah berpolusi.

Sebenarnya kita juga bisa berkontribusi untuk mencegah global warming. Dengan melakukan hal yang paling mudah dan paling kecil seperti menghemat listrik, karena selain tagihan listrik tidak bengkak, juga pembangkit listrik tidak akan mengolah bahan bakar ekstra yang nantinya akan menghasilkan asap yang dituding sebagai salah satu penyebab global warming.

Bayangkan bila banyak orang yg menghemat listrik, bahan bakar pun menjadi banyak yang tidak diolah sehingga lebih hemat dan tidak menghasilkan asaop penyebab global warming.

Yamng kedua adalah mengjemat penggunaan kertas. Di zaman sekarang ini manusia sudah dipermudah denga IT sebagai pengganti kertas. Walaupun masih memerlukan energi listrik, perangkat IT sudah dirancang sedemikian rupa agar hemat listrik, dan ramah lingkungan. Dengan menghemat kertas, pohon-pohonan di hutan tidak perlu ditebang untuk dijadikan kertas dan dapat tetap mengubah CO2 menjadi O2. Jadi mulailah peduli pada lingkungan dan cegah global warming dengan teknologi.

NB:berikan saran pada global warming
thanx.

Artikel ini berisi 0 komentar:

Post a Comment